Thursday, January 19, 2012

Catatan Kecil dari Danur

Danur

Saya lupa persisnya kapan, teman baik saya, Risa cerita kalau dia diajak bikin buku oleh salah satu penerbit berskala nasional. Dia minta pendapat saya soal itu. Saya sebagai teman baiknya sih manggut-manggut saja mengingat ada banyak hal dari hidupnya dia yang memang bisa dibagi dengan banyak orang.

Kalau belum kenal, namanya Risa Saraswati, pekerjaannya PNS sekaligus penyanyi dari Sarasvati. Kelebihannya selain menyanyi, dia katanya punya indra ke-enam dan semenjak kecil punya teman-teman dari dunia lain alias dunia yang tidak kasat mata alias hantu.
Setelah saya manggut-manggut, hal kedua yang dia tanyakan siapa kira-kira yang cocok untuk bikin ilustrasi bukunya dia dan ingatan saya lari ke teman baik kita berdua yang sedang rajin-rajinnya belajar menggambar, Diantra Irawan. Tentu saja usul saya diterima dan sesudah itu karena kesibukan masing-masing yang saya dengar cuma kelanjutan ini itu, kemajuan nulis buku dan ini itu. Sampailah pada satu saat sekitar dua atau tiga minggu yang lalu tentang rencana Risa mau bikin launching bukunya yang sudah akan terbit. Partner saya yang mengusulkan untuk kita-kita saja yang bikin acaranya dan Risa oke.

Rencana awalnya tanggal 22 Januari 2012. Tempatnya di Potluck. Tanggal itu dipilih mendahului rencana rilis dan distribusi nasional yang katanya sekitar tanggal 23 atau 24 Januari. Dua kali rapat, rencana mulai disusun, tiba-tiba tanggalnya berubah karena rencana edarnya berubah juga. Jadinya tanggal 13 Januari karena edarnya sekitar tanggal itu juga dan Potluck kosongnya tanggal segitu. Jatuh pada hari Jumat. Jadi pemilihan tanggal itu bukan sengaja mistis tapi memang begitu adanya.

Karena pindah tanggalan sementara waktu makin mepet, diubahlah banyak hal dari rencana semula. Asalnya mau sedikit heboh pake pemutaran video, pake ini pake itu akhirnya disederhanakan jadi pembacaan buku, diskusi ditambah tanya jawab dan sesi tandatangan ditambah akustikan. Oya, hari itu juga sekaligus ada sesi dengar lagunya Sarasvati yang baru, berjudul sama, Danur.

Sampailah hari H. Yang lain sibuk dengan acara, saya yang kerjaannya selalu berhubungan sama lapak-lapakan, berbekal 100 buku Danur malam itu, menyerahkan lapak ke tim Sarasvamily, keluarga fansnya Risa yang baik hati dan ternyata jago jualan. Setengah acara, bukunya sudah habis.

Yang datang banyak dan anteng menyimak Risa cerita soal Danur. Yang dapat buku dan tanda tangan senang. Yang bikin acara juga senang. Yang dibikinin acara juga. Mungkin yang marah cuma yang ga kebagian buku malam itu. 

Sesudah itu karena bukunya rilis secara nasional dan beredar di jaringan toko buku besar, saya pikir urusannya sudah beres. Ternyata tidak. Sesudah seratus buku itu habis pada saat rilis, rencana kedua adalah menyediakan dua ratus eksemplar Danur bertandatangan Risa di toko saya yang ngumpet di Ciumbuleuit. Dibukalah sesi preorder Danur. Hitungannya preorder kira-kira seratus dan sisanya bisa untuk stok sebulan. Tampaknya tidak jadi sampai sebulan. Sampai saya menulis saat ini, Danur sudah dipesan sebanyak 170 eksemplar. Yang sudah dikemas untuk dikirim kepada para pemesan sudah sekitar 70 eksemplar. Yang diambil ke toko dan belum transfer hitung saja sisanya. 

  
mengemas Danur untuk dikirim 

Saya bilang pada teman saya kalau hari-hari ini saya dihantui oleh Danur. Semenjak launching sampai sekarang. Yang nanya via twitternya Omu tentang Danur banyak sekali dan saya tidak bisa membayangkan berapa banyak juga yang bertanya via twitternya Risa. 

 Danur siap kirim
 
Danur sendiri bercerita tentang sisi hidup Risa yang berhubungan dengan dunia kasat mata tadi. Berhubungan dengan teman-teman masa kecilnya yang tidak terlihat oleh orang lain. Berhubungan dengan hantu, berhubungan dengan kesedihan dan tragedi yang tidak terselesaikan semasa hidup dari hantu-hantu yang berpapasan dan bersinggungan dengan Risa. Boleh percaya, boleh tidak. Saya sendiri memilih menerima seluruh cerita Risa sebagai bagian dari dunia Risa.

Dan tampaknya, (dengan senang hati) esok hari saya masih dihantui oleh Danur.

Terima kasih semua teman yang membantu waktu launching Danur. Terima kasih untuk manajemen Sarasvati, terima kasih Sarasvamily, terima kasih keluarga omu. :)

para hantu yang membantu launching Danur


O,ya, bersamaan dengan rilisnya Danur, Sarasvati juga launching single baru, judulnya sama Danur. berkolaborasi dengan Arina (Mocca). Silakan klik linknya: Danur

3 comments:

Kadek Doi said...

wahhhhh,,,saya pengen beli buku yang ada ttdnya teh risa bisa dipesan disini mas ya? saya mau donk ..serius
nama saya doi, di twit @kadekdoi
saya baru kemarin denger #danur :') keren
nonton teh rissa juga tengah malam di tv hihi...
kalo bisa saya minta infonya yaa makasi
salam dari Bali
ini link tulisan saya kemarin malam :

http://rumahdiksi.wordpress.com/2012/01/19/malam-jumat-hujan-donlot-danur/

admin said...

langsung kontak omuniuum aja di 087821836088.. tapi kayaknya sih buku yang bertandatangannya habis.. :(

Kadek Doi said...

wah gitu ya mbak/mas TT__TT
but, thanks bgt ya infonya nanti saya coba cari, kalo sudah ada di toko buku bebas, bolee juga saya beli di bali. tapiii aaah,,,,, maunya yg ada tulisan tangannya teh risa :(
aaakkk....
hahaha becanda, siap :D
semangat!!