Monday, November 08, 2004

: identified yourself

Who are you? Who, who, who, who? Who are you? Who, who, who, who? Who are you? Who, who, who, who? Who are you? Who, who, who, who? - the who

tadi siang, seperti biasa, gw naik angkot menuju tempat janjian dijemput ama #3 kalo mau ketoko. isi angkot itu cuma ada gw, ibuibu agak pinggir sebelah kiri gw [gw duduk persis dibelakang tempat supir] trus di kursi depan gw ada seorang bapakbapak. trus yang didepan ya supir sama ada lagi satu penumpang lain. di depan lp sukamiskin ada seorang penumpang naik. tibatiba 'deg'.

penumpang itu masih muda, kirakira 25-28an tahun. kurus. rambutnya cukurannya ngga' rapi. pake kameja flanel tapi ngga' bisa nutupin tato yang ada di dadanya. [tatonya bukan tato seni, kayak tato penjara/pinggir jalan yang ngga' rapirapi gitu deh]. trus tangannya juga ada tato. trus dia juga merokok. [bulan puasa gitu lho]. trus dia bawa satu tas kayak tas belanja atau shoulder bag [namanya apa ya? shoulder bag gtu?], gede, warnanya merah dan kerjaannya tas itu di taro dipangku lagi, ditaro dibuka ritsletingnya dikit dilihat isinya trus dibiarkan terbuka sedikit. and he smells bad. baunya campuran keringat, minyakwangi murah, rokok dan entah apa.

tibatiba rasanya angkot itu jalannya lama banget. gw sama sekali ga' betah duduk. mana orang itu pindah duduk deket gw trus gw ngga' bisa geser lagi. tampang bapakbapak yang duduk dikursi depan gw juga langsung suram pas lihat orang itu. tapi yang dipikiran gw selain gw takut lihat tampilan orang itu, gw mikir lagi. kenapa gw harus takut sama orang itu? dia ngga' ngapangapain. ngga' juga ngisengin kayak cowokcowok anak sekolah yang tengiltengil atau cowokcowok yang kurang kerjaan yang kalo ramerame suka ngisengin cewek. dia juga orang kan ?

didepan cicaheum, biasanya orang pada turun. penumpang yang lain turun. ternyata dia ngga'. gw juga belom karena gw biasa turun di wartel setelah terminal cicaheum. akhirnya angkot itu nyampe wartel. gw buruburu turun, ngasih ongkos ama supir dan ngga' noleh lagi. langsung jalan cepetcepet [kayak mau diikutin aja!]. nyamperin mobil #3 yang udah nungguin gw. trus begitu gw duduk di mobil langsung deh nyerocos cerita ama #3.

#3 bilang : kok gitu? siapa tau dia bawa sesuatu buat istrinya.
gw : iya sih. tapi kalo lu liat tampangnya pasti lu juga males deh.

dan kebetulan pas mobil kita lewat jl. padasuka, orang itu lagi jalan dan papasan ama kita. gw langsung bilang 'nah tuh dia orangnya..'

ga lupa komentar #3 apa. tapi sebetulnya gw sebel sama kelakuan gw sendiri. hey come on, who am i to judge other people you dont even know who he is?. mungkin gw udah ketularan parno orangorang dikotakota besar kali ya ? yang udah pake asumsi kalo orang tampangnya kayak gitu berarti dia penjahat. kalo tampangnya kayak gini berarti dia baik. aduh.

trus gw juga mikir, tampang gw buat orang lain janganjangan penjahat juga lagi? maksud gw, kalo trus gw sendiri bisa berasumsi hanya dari tampangnya aja berarti orang lain juga bisa berasumsi dari tampangnya gw kan?

trus kalo orang udah selalu curiga, janganjangan nanti setiap orang harus bawa pengumuman di dadanya dia. isinya identitas dan cap dari kepolisian bahwa dia penjahat atau bukan. atau dikeningnya ada stempel pernah masuk penjara atau ngga'.

mikirnya aja udah capek. padahal orangorang kan datang dari latar belakang yang sangat jauh berbeda. contoh yang paling ekstrem, bisa jadi membunuh orang yang menurut kita amat sangat jahat dan sangat ngga' boleh dilakukan mungkin untuk seorang yang lain adalah sesuatu yang biasa terjadi di lingkungannya dia karena harus membela diri. mungkin memukul orang lain adalah sesuatu yang biasa karena dia dibesarkan dengan pukulan. tato yang menurut gw dibuat dengan amat tidak rapih [karena beda dengan tatotato anakanak gaul itu] mungkin adalah sesuatu yang dibuat dengan susah payah dan pengorbanan yang besar. mungkin halhal normal yang kamu lakukan sekarang seperti menulis blog ini misalnya adalah suatu kejahatan di tempat lain.

dan mungkin tas merah yang gw ngga' tau apa isinya itu adalah anak kelinci yang dia bawa untuk anaknya dirumah.

: siapa yang tahu sih ?

No comments: